Vitamin Untuk Anak 2 Tahun Yang Susah Makan

Vitamin Untuk Anak 2 Tahun Yang Susah Makan - Nafsumakan.com,- Saat anak tiba-tiba susah makan, maka umumnya orang tua akan khawatir terhadap kesehatan anaknya. Rasa khawatir tersebut akan mendorong orang tua untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk memberikan suplemen vitamin agar anak mau makan kembali.

Penggunaan vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan merupakan langkah yang sangat dianjurkan jika perilaku susah makan ini membuat anak menjadi lemas dan tidak berenergi.

Vitamin Untuk Anak 2 Tahun Yang Susah Makan

Vitamin Untuk Anak 2 Tahun Yang Susah Makan

Tetapi vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan apa yang harus diberikan pada anak?

Vitamin B

Vitamin B sudah terbukti secara klinis mampu meningkatkan nafsu makan anak, terutama vitamin B9.

Vitamin B9 sendiri merupakan vitamin yang larut dalam air dan dapat membantu tubuh dalam memecah protein sekaligus membangun protein baru. Selain meningkatan nafsu makan, vitamin B9 juga dapat membantu menstimulasi asam pencernaan dan membangun sel-sel darah merah.

vitamin B9 ini bisa ditemukan pada buah jeruk, kacang-kacangan, kerang, hati, unggas, gandum dan sayuran yang berdaun hijau gelap.

Vitamin K

Anak yang kehilangan nafsu makan bisa jadi disebabkan oleh tubuhnya yang kekurangan vitamin K. Selain susah makan, kekurangan vitamin K juga akan menyebabkan gejala lain seperti pertumbuhan yang melambat, mudah memar, lesu dan lemah tulang.

Vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk anak-anak yang berusia 1-3 tahun. Pada usia tersebut, setidaknya anak harus mengonsumsi sebanyak 30 mikrogram vitamin K per hari.

Kebutuhan vitamin K ini dapat tercukupi jika anak sering makan kedelai, plum, asparagus dan sayuran yang beraun hijau.

Vitamin D

Asupan Vitamin D juga cukup penting untuk anak  yang susah makan. Namun usahakan jangan terlalu berlebihan karena jika terlalu banyak, maka anak justru akan susah makan.

Mengonsumsi vitamin D dalam jumlah yang sangat besar sangat tidak baik untuk kesehatan anak dan dapat menyebabkan gejala keracunan seperti kehilangan nafsu makan, muntah, lemas, diare dan perubahan mental.

Vitamin D sendiri tersedia dalam beberapa bahan makanan seperti daging, ikan berminyak, tahu, telur dan jamur.

Selain memenuhi kebutuhan vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan di atas, Anda juga dapat meningkatkan asupan Zinc  dan memberikan anak Anda Yoghurt atau minyak ikan secara rutin.

Zinc sendiri merupakan mineral yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Mineral ini dapat ditemukan pada seafood, biji labu, kacang mete dan gandung.

Sementara itu untuk Yoghurt, produk susu yang mengandung kalsium dan probiotik yang sehat ini tidak hanya dapat meningkatkan nafsu makan anak, tetapi juga kekebalan tubuhnya.

Bagaimana dengan minyak ikan? Minyak ikan memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Selain itu, minyak ikan juga dapat merangsang nafsu makan anak.