Vitamin Anak Terlambat Bicara Yang Harsu Diperhatikan

Vitamin Anak Terlambat Bicara - Nafsumakan.com,- Saat usianya mencapai lebih dari tujuh bulan, umumnya bayi akan mulai mengeluarkan kata-kata. Kata-kata yang keluar dari mulutnya biasanya terdengar kurang jelas. Meski demikian, hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangannya.

Terkadang balita juga akan mulai bicara sebelum berusia 12 bulan. Sementara beberapa balita akan mulai bicara setelah menginjak usia 1 tahun. Namun jika anak masih belum bicara setelah menginjak usia 3 tahun, maka kondisi ini menunjukan bahwa anak terlambat bicara.

Vitamin Anak Terlambat Bicara

Vitamin Anak Terlambat Bicara

Anak yang terlambat bicara bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kondisi kesehatan anak dan faktor lingkungan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memberikan vitamin anak terlambat bicara. Beberapa vitamin yang dimaksud adalah :

Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang dikenal mampu menjaga kesehatan mata. Tetapi vitamin A juga bisa menjadi vitamin anak terlambat bicara yang dapat diberikan pada anak yang mengalami kondisi tersebut.

Ini karena vitamin A mampu meningkatkan kemampuan syaraf dan perkembangan otak anak.  Vitamin A ini bisa didapatkan dari jeruk, lobak, ubi jalar, wortel, keju, ayam dan telur.

Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin merupakan vitamin anak terlambat bicara yang bisa Anda berikan pada anak yang masih belum bicara setelah menginjak usia satu tahun.

Vitamin B1 sendiri mampu melindungi syaraf dari berbagai jenis kerusakan. Salah satu saraf yang dilindungi oleh vitamin ini adalah  syaraf yang mendukung anak bicara. Selain itu, vitamin B1 juga mampu membantu tubuh dalam menyampaikan pesan dari sistem syaraf pusat yang menuju ke berbagai organ penting, termasuk syaraf mata dan mulut.

Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin akan membantu tubuh menjaga sistem syaraf sehingga sistem syaraf pun bisa bekerja dengan baik. Selain itu, vitamin B2 mampu meningkatkan rangsangan pada syaraf pusat. Kemampuan ini dapat mengatasi kesulitan bicara pada anak.

Vitamin B2 sendiri bisa didapatkan dari keju, telur rebus, bayam, yogurt dan kacang almon.

Vitamin B3

Vitamin B3 atau yang juga dikenal dengan nama niasin merupakan vitamin yang dapat membantu sistem syaraf anak.

Jika kebutuhan vitamin B3 anak terpenuhi, maka sistem syaraf anak pun bisa bekerja dengan normal. Tetapi jika kebutuhan vitamin B3 anak tidak terpenuhi, maka anak akan mengalami sejumlah gejala seperti kurang fokus, hilang ingatan dan gangguan bicara.

Jadi jika anak terlambat bicara, maka bisa jadi anak Anda kekurangan vitamin B3. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin B3 anak dengan memberikan anak berbagai jenis makanan yang banyak mengandung protein.

Vitamin B5

Kekurangan vitamin B5 atau asam pantotenat bisa mempengaruhi kemampuan otak anak. Akibatnya anak akan kurang fokus dan kurang bicara.

Jadi, pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin B5 anak dengan memberikan anak makanan yang banyak mengandung asam pantotenat. Selain itu, Anda juga bisa memberikan anak makanan yang banyak mengandung protein hewani dan nabatii.