Inilah Penyebab Anak Susah Makan Yang Harus Diwaspadia

Penyebab Anak Susah Makan - Nafsumakan.com,- Anak yang tidak mau makan merupakan salah satu hal yang membuat orang tua merasa kebingungan. Biasanya hal ini terjadi ketika anak-anak menginjak usia 1-5 tahun. DI usia pertumbuhan dini ini, bisa dibilang permainan dan jajanan tampak lebih menarik bagi anak dibanding makanan pokoknya sehingga anak pun menjadi susah makan.

Penyebab anak susah makan ini sebenarnya bukan hanya karena tidak suka dengan makanan yang Anda sajikan. Ada hal lain yang juga dapat membuat anak tidak mau menyantap atau menghabiskan makanan. Salah satunya adalah kebiasaan baru yang membuat anak selalu merasa kenyang. Sebagai orang tua, ada beberapa penyebab anak anda susah makan yang perlu Anda ketahui, yaitu :

Penyebab Anak Susah Makan

Penyebab Anak Susah Makan

Ngemil

Salah satu penyebab anak susah makan adalah terlalu sering ngemil. Jika dibandingkan dengan orang dewasa, kebutuhan kalori anak terbilang lebih sedikit. Misalnya saja, anak yang berusia 10 tahun membutuhan sekitar 1000 kalori per hari. Nah, kalau sebanyak 300 - 400 kalori yang anak dapatkan berasal dari cemilan, maka tentunya nafsu makan anak pun akan menurun saat waktu makan tiba.

Sebenarnya boleh-boleh saja memberikan anak cemilan. Hanya saja, waktu dan jenisnya harus tepat. Untuk menghindari anak yang susah makan, sebaiknya Anda tidak memberikan cemilan yang padat kalori sebelum jam makan tiba.

Anak Terlalu Banyak Minum Susu

Mungkin Anda senang jika anak Anda suka minum susu. Namun sayangnya, terlalu sering mengonsumsi susu justru merupakan salah satu penyebab anak susah makan. Ini karena di dalam susu terkandung banyak kalori sehingga membuat perut anak mudah kenyang.

Oleh sebab itu, jangan memaksa anak untuk makan setelah mereka minum susu. Jika dipaksakan, maka anak akan mengalami kelebihan kalori. Perut anak pun akan kembung. Selain itu, metabolismenya juga menjadi lambat.

Tidak Punya Waktu Makan Tetap

Tidak punya waktu makan tetap juga merupakan salah satu penyebab anak susah makan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi anak yang susah makan, maka Anda sebaiknya menyiapkan waktu makan untuk anak.

Biasakan anak untuk sarapan, makan siang dan makan malam di waktu tertentu. Selain itu, jangan berikan makanan yang kaya kalori sebelum waktu makan tiba.

Pemilihan Makanan Yang Tidak Tepat

Sebelum membeli makanan untuk anak, pastikan Anda membaca label produk yang akan Anda beli dengan cermat. Meskipun makanan tersebut merupakan makanan yang cukup bagus untuk kesehatan si kecil, Anda tetap harus berhati-hati jika makanan tersebut tidak dimasak di dapur sendiri.

Misalnya saja saat Anda membeli jus buah dalam kemasan untuk anak, usahakan untuk membaca terlebih dulu label produknya. Jus tersebut mungkin mengandung nutrisi yang diperlukan anak. Tetapi di sisi lain, bisa saja jus yang dibeli juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Jika demikian, maka anak pun akan cepat kenyang dan mudah lesu saat mengonsumsinya.