Makanan Penambah Nafsu Makan Yang Harus Dikonsumsi

Makanan Penambah Nafsu Makan - Nafsumakan.com,- Hilangnya nafsu makan merupakan masalah yang bisa dialami oleh siapa saja. Kondisi ini juga bisa terjadi tiba tiba dan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk hal-hal berikut :

Penyakit

Saat Anda sedang terserang penyakit tertentu, maka nafsu makan Anda juga akan hilang. Kondisi ini paling sering dialami oleh orang yang menderita penyakit yang melibatkan gangguan pencernaan seperti penyakit celiac, croh dan tifus.

Selain penyakit fisik, seseorang yang terserang penyakit yang mempengaruhi kondisi kejiawaannya seperti kondisi kizofrenia dan depresi juga akan kehilangan nafsu makan.

Infeksi

Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai macam infeksi, terutama influenza, hepatitis, pneumonia dan radang paru-paru.

Selain itu, sejumlah infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh penderita seperti leukemia dan HIV juga bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makan.

Stres

Pada sejumlah kasus, stress bisa membuat seseorang menjadi mudah lapar. Tetapi terkadang, stress juga bisa membuat orang kehilangan nafsu makan.

Untuk mengatasi kondisi kehilangan nafsu makan ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara yang mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah nafsu makan.

Berikut adalah beberapa makanan penambah nafsu makan yang dapat Anda konsumsi saat kehilangan nafsu makan :

Makanan Penambah Nafsu Makan

Makanan Penambah Nafsu Makan

Makanan yang mengadung kalori

Tubuh akan menjadi lemas saat Anda kehilangan nafsu makan Anda. Kondisi ini terjadi karena kalori yang dapat dibakar oleh tubuh menjadi sangat sedikit. Kondisi tubuh yang lemah pun akan membuat selera makan menjadi semakin menghilang.

Untuk menghentikan siklus yang berbahaya ini, maka Anda sebaiknya segera mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori yang cukup tinggi.

Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti lada, jahe dan kayu manis akan membuat masakan terasa lebih menggugah selera. Selain itu, rempah-rempah juga mampu merangsang sistem pencernaan dan mengurangi rasa mual dan sakit perut yang membuat Anda kehilangan nafsu makan Anda.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan penambah nafsu makan yang sebaiknya Anda makan jika Anda tidak berselera untuk menyantap makanan.

Saat Anda kehilangan nafsu makan, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis buah yang mampu merangsang produksi enzim dan cairan empedu dalam tubuh. Beberapa buat yang dapat Anda konsumsi adalah beri hitam, apel, lemon dan anggur.

Sayuran pahit

Mengonsumsi sayuran dengan rasa yang pahit di lidah seperti sawi, daun papaya dan daun singkong mungkin terdengar seperti saran yang kurang masuk akal. Tetapi sebenarnya, sayuran tersebut bisa menjadi makanan penambah nafsu makan yang cukup baik untuk Anda yang tidak punya selera untuk makan.

Ini karena sayuran pahit mampu merangsang produksi cairan empedu yang sangat baik utnuk untuk sistem pencernaan. Selain itu, cairan empedu juga dapat merangsang nafsu makan Anda.