Ciri Anak Butuh Suplemen Tambahan Agar Sehat

Ciri Anak Butuh Suplemen - Nafsumakan.com,- Sering kali, orang tua salah kaprah dalam pemberian suplemen untuk anak. Hanya karena orang tua lain memberikan anaknya suplemen, maka mereka pun ikut-ikutan memberikan suplemen pada anak mereka. Suplemen sendiri menurut definisi BPOM adalah suatu produk yang dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi dari makanan. Umumnya suplemen memiliki kandungan yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti asam amino, mineral dan vitamin.

ciri anak butuh suplemen

Ciri Anak Butuh Suplemen Tambahan

Kandungan yang terdapat di dalam suplemen ini merupakan kandungan yang jumlahnya terkonsentrasi. Kandungan yang mempunyai nilai gizi atau efek fisiologis tersebut diambil dari tumbuhan atau sumber lain. 

Fungsi suplemen sebenarnya bukan untuk mengobati penyakit, tetapi untuk mengurangi risiko terjadinya sesuatu yang diakibatkan oleh penyakit. Selain itu, fungsi dari suplemen sendiri adalah untuk melengkapi jika tubuh mengalami kekurangan mineral atau vitamin. Misalnya jika anak kekurangan kalisum, maka anak tersebut dapat diberikan suplemen kalsium.

Meski demikian, jika anak kekurangan kalsium atau zat-zat lain tetapi masih dapat diatasi dengan makanan alami, maka sebenarnya anak tersebut tidak memerlukan asupan suplemen.

Suplemen sendiri bisa tersedia dalam bentuk mineral atau vitamin. Suplemen juga dapat berupa zat gizi lain seperti asam amino atau asam lemak. Umumnya suplemen terbuat dari bahan sinstetik. Salah satu contohnya adalah vitamin C yang banyak ditemukan di pasaran. Vitamin C tersebut merupajan vitamin yang tidak terbuat dari jeruk asli.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu bangga jika anak Anda mengonsumsi suplemen vitamin tertentu karena vitamin tersebut merupakan vitamin buatan dan molekul yang terdapat di dalamnya pun merupakan molekul yang tidak alami.

Meski demikian, ada sejumlah kondisi dan ciri anak butuh suplemen yang memang perlu diperhatikan. Misalnya saja saat anak tidak nafsu makan, maka Anda bisa memberikan anak tambahan suplemen vitamin. Ini karena di dalam suplemen vitamin tersebut terkandung senyawa yang mampu merangsang nafsu makan anak.

Selain hilangnya nafsu makan, ciri anak butuh suplemen lain yang harus diperhatikan adalah ketika anak Anda sedang sakit. Misalnya anak sakit hingga keluar ingusnya. Saat hal ini terjadi, maka Anda dapat memberikannya suplemen vitamin C.

Sebenarnya kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi jeruk. Namun tentu saja, anak tidak mungkin makan jeruk hingga satu keranjang. Oleh sebab itulah, anak memerlukan vitamin C dari sumber lain, yaitu suplemen.

Meski demikian, pemberian suplemen C tersebut sebaiknya hanya untuk sementara saja. Anda tidak perlu memberikan anak vitamin C terus menerus karena kalau anak sudah sembuh, maka sebetulnya anak juga tidak memerlukan asupan vitamin C dari suplemen. Jika ingin tetap memenuhi kebutuhan vitamin C nya, Anda bisa memberikan si kecil jeruk atau buah-buahan lain yang banyak mengandung vitamin C.