Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan - Nafsumakan.com,- Masalah anak susah makan biasanya akan terjadi saat anak memasuki usia satu tahun. Pada saat itu, pertumbuhannya akan melambat. Selain itu, selera makannya juga akan menurun.

Kondisi ini membuat anak sering kali malas utuk makan. Nah pada saat itulah, sering kali orang tua merespon sikap anak tersebut secara keliru. Akibatnya, suasa makan pun menjadi tidak menyenangkan dan penuh tekanan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Oleh sebab itulah, sebagai orang tua, kita juga perlu lebih teliti saat melihat kondisi anak yang tidak mau makan. Ini karena anak yang susah makan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut ini kami sajikan beberapa masalah yang berkaitan dengan perilaku anak yang sulit makan dan cara mengatasinya.

Menolak Makan

Pada hari pertama, Anak bisa saja menghabiskan makanan yang telah disediakan orang tuanya. Tetapi keesokan harinya, anak mungkin akan menolak hampir semua makanan yang disediakan.

Saat hal ini terjadi, Anda tidak perlu memaksa anak untuk makan. Anda juga tidak perlu khawatir anak kekurangan asupan kalori harian karena jika Anda menghitung asupan kalori selama satu minggu, maka Anda pun pastinya akan terkejut. Ini karena umumnya asupan kalori anak sudah terpenuhi meski anak malas makan di hari-hari tertentu.

Pilih-pilih Makanan

Mengonsumsi makanan padat merupakan hal baru untuk anak yang masih berusia di bawah tiga tahun. Anak pun membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan berbagai jenis tekstur, rasa dan warna makanan.

Selain itu di usia tersebut, anak juga sudah belajar untuk memutuskan sendiri makanan apa yang ingin dimakannya sehingga cukup wajar jika anak hanya mau mengonsumsi makanan tertentu.

Saat menghadapi kondisi seperti ini, cara mengatasi anak susah makan yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperkenalkan makanan baru secara perlahan. Sajikanlah makanan tertentu selama beberapa kali. Dengan begitu, anak akan terbiasa.

Cara mengatasi anak susah makan lain yang bisa dicoba adalah mengupayakan waktu makan anak supaya tidak berdekatan dengan waktu tidurnya. Biasanya, rasa lelah dan rasa kantuk yang dirasakan anak juga akan mempengaruhi nafsu makan anak.

Tidak Mau Makan Makanan Favorit

Anak-anak bisa saja menolak makanan atau minuman favoritnya secara tiba-tiba. Saat hal ini terjadi, Anda tidak perlu panik karena bisa saja ini hanya sementara. Setelah beberapa waktu, mungkin anak juga akan berubah dan mau melahap lagi makanan favoritnya.

Ketika anak tidak mau makan makanan favoritnya, maka Anda tidak perlu memaksanya. Tetapi Anda masih bisa menawarkan makanan tersebut di hari berikutnya. Selain itu, untuk sementara Anda juga dapat menawarkan makanan lain yang memiliki kandungan gizi yang setara dengan makanan favoritnya. Misalnya, jika anak menolak sayur, maka Anda bisa memenuhi asupan nutrisi anak dengan cara memberikanya buah-buahan.