Bahaya Anak Kurang Nafsu Makan Yang Harus Diwaspadai

Bahaya Anak Kurang Nafsu Makan - NafsuMakan.com,- Kebiasaan Anak yang sulit makan mungkin tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kesehatannya. Tetapi jika berlangsung lama, maka kondisi ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang cukup berbahaya. Beberapa kondisi di bawah ini pun kemungkinan akan dirasakan oleh anak yang sulit makan :

Bahaya Anak Kurang Nafsu Makan

Bahaya Anak Kurang Nafsu Makan

Gerakan Motorik Yang Berlebihan

Bahaya anak kurang nafsu makan pertama yang akan dialami anak adalah gerakan motorik yang terlalu berlebihan. Hal ini ditunjukan dengan perilaku-perilaku tertentu seperti sering membenturkan kepala atau menggerakan kepala ke belakang.

Selain itu, anak juga akan mudah jatuh dari tempat tidur, menjatuhkan badan ke kasur dan bergulung-gulung di atas kasur. Sementara itu pada anak perempuan, anak akan menjadi tomboy. Anak pun jadi suka memanjat atau main bola.

Gangguan Konsentrasi

Kondisi berbeda juga kemungkinan terjadi pada anak yang kurang makan. Salah satunya adalah bahaya anak kurang nafsu makan yang satu ini dimana anak mengalami gangguan konsentrasi.

Anak pun akan mudah bosan saat melakukan berbagai aktivitas. Selain tidak bisa bertahan lama dalam mengerjakan sesuatu, anak juga menjadi tidak teliti, pelupa, suka bengong dan sering kehilangan barang. Tetapi di sisi lain, anak dengan kondisi seperti ini juga  akan terlihat cerdas.

Agresif

Anak yang kurang nafsu makan dalam waktu yang cukup lama akan memiliki sikap yang sangat agresif. Beberapa gejala yang mungkin akan ditunjukan anak adalah sering menggigit, mencubit atau menjamak dan sering memukul kepala sendiri.

Mudah Marah

Bahaya anak kurang nafsu makan ini mungkin akan membuat Anda geleng-geleeng kepala. Ini karena selain mudah marah, anak juga akan sering berteriak, mengamuk atau trantrum. Anak pun akan keras kepala dan suka membantah.

Ganguan Sensoris, Koordinasi dan Motorik

Ganguan sensoris, koordinasi dan motorik akan dialami oleh anak yang sulit makan dalam waktu yang lama. Beberapa gejala yang akan dirasakan adalah jalan terburu-buru, jalan jinjit, mudah terjatuh, mudah menabrak dan duduk leter W. Selain itu, anak juga akan sensitif terhadap raba, suara dan cahaya.   

Sulit Tidur Malam

Anak yang kurang nafsu makan biasanya akan sering tidur larut malam dan sulit untuk memulai tidur. Saat tidur pun anak akan gelisah dan sering bolak balik dari ujung ke ujung.

Kondisi lain yang akan dirasakan anak adalah sering terbangun di malam hari, mengalami mimpi buruk, beradu gigi atau gigi gemeretak, tertawa, berteriak atau berbicara saat tidur.

Selain kondisi-kondisi di atas, anak yang sulit makan juga akan mengalami sejumlah gangguan lain seperti :

Gangguan Bicara

Anak biasanya akan terlambat bicara atau bicara tidak jelas. Ketika bicara pun, anak akan terburu-buru, gagap atau cadel.

Gangguan Mengunyah Dan Menelan

Anak sulit untuk makan makanan yagn berserat seperti sayur, nasi dan daging sapi.